Rekomendasi Kolam Renang Alami di Indonesia

Rekomendasi Kolam Renang Alami di Indonesia – Kolam renang merupakan salah satu tenpat yang biasa di gunakan banyak orang untuk berenang dan bersantai menikmati air yang hangat. ​Apa itu kolam renang alami? Kolam renang alami adalah kolam renang yang berada di alam dan terbentuk dari alam secara alami. Kolam renang semacam ini tidak seperti kolam-kolam renang yang sengaja dibuat, misalnya, di rumah-rumah ataupun di Marina Bay Sands. Kolam renang yang terbentuk alami seperti ini biasanya masih berisi air dari alam yang masih sangat jernih. Hal inilah yang menarik perhatian wisatawan untuk datang ke kolam-kolam renang alami tersebut. Berikut ini adalah beberapa kolam renang alami yang terdapat di Indonesia yang bisa jadi destinasi wisatamu berikutnya.

Rekomendasi Kolam Renang Alami di Indonesia

1. Laguna Gayau, Teluk Kilauan, Lampung – Kolam Renang Alami yang Dasarnya Terlihat Jelas
Dengan airnya yang berwarna biru kehijauan, Laguna Gayau ini merupakan bagian kolam yang terbentuk karena terpisah oleh batu karang siquijortour. Saking jernihnya, kita dapat langsung melihat dasar air dengan jelas. Kedalamannya sekitar 1-3 meter sehingga aman untuk berenang. Sesekali hempasan ombak akan menerjang sisi batu karang, sehingga kita akan menerima curahan air, dan tentu saja membuat sensasi berenang makin seru.

2. Pemandian Tirta Budi, Sleman, Yogyakarta – Blue Lagoon – nya Indonesia
Kolam renang alami ini terletak di Dalem Widodomartani Ngemplak, Sleman. Kolam ini telah menjadi obyek wisata yang diyakini masyarakat setempat dapat menghilangkan lelah dan stres. Airnya yang segar memang memberi efek tersendiri. Airnya biru dengan pantulan sinar matahari.

3. Aek Manik, Sidamanik, Sumatera Utara
Aek Manik ini berbentuk menyerupai kolam yang beratapkan kanopi yang terbentuk dari dedaunan. Matahari yang menyusup melalui dedaunan, sehingga pemandangan alami menyegarkan dapat kita rasakan. Konon, kolam yang sangat jernih ini dulunya adalah pemandian raja-raja Sidamanik. Airnya juga selalu jernih karena mata air tidak berhenti mengalir

4. Kedung Tumpang, Tulungagung
Kolam yang sangat eksotis karena terbentuk di tengah gugusan karang di sisi Pantai Blabak dan Pantai Glogok. Tanpa pasir, air yang terbentuk dalam kolam-kolam alami ini memang sangat menggoda. Sebelum berenang kita harus memperhatikan kondisi air laut, disarankan untuk berenang di saat laut sedang surut, agar terhindar dari arus ombak.

5. Angel’s Billabong, Bali
Daerah ini termasuk belum ramai dikunjungi oleh wisatawan, tapi soal keindahannya, jangan tanya. Angel Billabong terbentuk di antara karang-karang coklat keemasan dengan airnya yang biru namun jernih. Uniknya, kolam ini sebenarnya terbentuk dari cliff yang rusak.

6. Pantai Wediombo, Yogyakarta
Memang Yogyakarta adalah daerah istimewa. Karena daerah ini menyimpan banyak keindahan alam yang membuat kita terpesona. Salah satunya adalah keunikan dari Pantai Wediombo adalah kolam renang yang terbentuk di antara batu karang besar di pinggir pantai. Tepatnya, kolam ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Selain berenang, kita juga bisa memancing dari atas batu karang besar yang tersebar di sekitaran pinggir pantai.

7. Kolam Gua Kristal, Kupang
Tidak kalah indah, kolam renang ini terbentuk di dalam gua. Warna airnya biru jernih kontras dengan dinding gua yang berwarna cokelat. Kolam ini terletak di daerah Bolok, sekitar 20 km dari Kupang. Karena terletak di dalam gua, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan peralatan penerangan dan keamanan. Untuk menyaksikan keindahan airnya yang biru dan jernih disarankan untuk mengunjungi tempat ini di saat matahari masih bersinar cerah.

8. Kolam Gua Haji Mangku, Derawan
Bisa dibilang, Kepulauan Derawan saat ini jadi favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hampir setiap pulau kaya akan biota laut. Ada satu lagi yang menarik di Derawan, yaitu kolam air yang terletak di dalam Gua Haji Mangku. Kolam alami dengan air payau ini berwarna biru toska yang memesona mata. Letaknya di Desa Payung-Payung, Berau, Kepulauan Derawan